Pengajian Tujuh bulan

Alhamdulillaahhhh…

Acara pengajian tujuh bulan baby GC bisa berlangsung dengan lancar.

Maaf lama di postingnya, karena ada satu dua hal yang terjadi… *ceritanya disini*

Sejak usia kandungan empat bulan sebenarnya syukuran ini sudah mau diadakan,

sayangnya karena terbentur waktu dan tempat,

jadinya ditunda sampai usia 28 minggu 4 hari kemarin.

Sebenarnya baiknya pas usia ditiupkannya Roh ke dalam janin ya,

yang mana embrio baru dikatakan “makhluk hidup” menurut agama Islam.

Tapi karena masih bisa dilakukan pada di 7 bulan kehamilan,

menurut adat Jawa & Gorontalo juga begitu,

so kita manut dan langsung menyiapkan sejak sebulan sebelumnya.

Kalau menurut adat Jawa, acara nuju bulanan atau Mitoni ini ada urutannya.

Mulai dari prosesi Siraman *yang pake belut ituh*,

jualan rujak ke para tamu atau tetangga,

sampai si suami membelah buah kelapa.

Sedang dari adat Gorontalo, seperti yang pernah saya bahas lengkap disini,

kurang lebih sama seperti prosesi Mitoni tersebut diatas.

Dimandikan, dibacakan ayat, membelah pinang,

arak-arakan keliling rumah,

bahkan perutnya si bumil di langkahi oleh sang ayah!

Tapi eh tapi, kemarin tepatnya hari Minggu ba’da sholat Zuhur,

kami hanya mengadakan acara sederhana yang terdiri dari pengajian,

kemudian membagikan makanan berupa nasi kotak beserta rujak tujuh bulanan.

Berikut budget plan untuk acara sederhana kami waktu itu:

Catering 70 porsi @ Rp. 20.000,-

1.400.000

Kue 70 porsi @ Rp. 5.000,-

350.000

Rujak 50 porsi @ Rp. 5.000,-

250.000

Buah Delima 5pcs @ Rp. 20.000,-

100.000

Aqua gelas 2 Box @ Rp. 25.000,-

50.000

Lain-lain

-

150.000

TOTAL

-

2.300.000

Semua urusan makanan alhamdulillahnya dibantu sama Bu’denya Yobby,

*makasiiii bu’de, pelukkk*

Kalau kartu ucapannya ngambil template dari om Google,

trus edit-edit, print, fotokopi dan gunting sendiri :)

Yah kurang lebihnya perkiraan pengeluaran segitulah…

Rujaknya sendiri berisi enam macam buah serut plus biji Delima diatasnya sebagai salah satu syarat.

Menurut orang, kalau rujaknya manis, si janin itu berkelamin perempuan.

Sedangkan bila pedas, maka calon bayinya adalah laki-laki.

Kemarin banyak yang bilang enak, cuma agak pedas.

Sayangnya yang membuat rujak itu bukan saya sendiri yach,

jadi bukan berarti kelaminnya cowok lho yaaa… hihihi…

Maksud omongan diatas, harus ibunya si calon baby sendiri yang buat,

baru bisa ditebak kelaminnya, hehehe, percaya ngga percaya :)

Oyah, pengajian kali ini juga terasa lebih lama dari pengajian sebelum nikah kami dulu.

Para tamu yang sudah datang sejak jam 12.30,

baru pada pulang jam 3 sore! (tanpa acara makan lho padahal)

Pantes aja si bumil satu ini sudah mandi keringat basah semua bajunya,

coz ampun dech panas & gerah banget selama acara,

ada kipas angin tapi ngga terasa lagi karena udah seriusnya ikut bacaan guru ngaji,

Selesai pengajian saya & Yobby disuruh ‘salim’ dulu sama semua ibu-ibu pengajian,

trus diikuti sama Bu’de-nya Yobby yang menyemprotkan bodymist *wangi-wangian katanya* ke tangan mereka,

dimana tangan mereka ditaruh diatas nampan berisi bunga melati & mawar dulu sebelum disemprot.

Nah, bunga-bunga itu wajib saya bawa pulang dan pakai untuk mandi.

Hihihi, maklum belum pernah mandi kembang jadi agak norak gitu,

pas nge-gayung airnya malah takut bunganya tumpah berserakan ke lantai :P

Harusnya berendam aja kali ya lebih afdolll…

Karena bumil satu ini lagi males-malesnya makan,

jam 3 selesai itu baru dech terasa lapernya belum makan siang.

Duh gimana ibu-ibu pengajian & para tamu itu ya?

Maaf ya buibu, pakbapak, mbakembak & masemas,,,

lain kali kami atur makan dulu aja dech sebelum acara.

Alhamdulillah dech acaranya lancar & banyak yg datang,

yang penting buat kami tentunya doa & restu buat baby GC tercinta kita semua :)

Terimakasih ya Allah… tak lupa jg buat semua keluarga & tamu :)

About these ads

One thought on “Pengajian Tujuh bulan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s